• 07 Oktober 2022 | WIB
single-img-twentyone

Sejarah.

Sejarah Dinas Pekerjaan Umum sudah ada sejak sebelum tahun 1969. Dahulu dinas ini masih merupakan gabungan fungsi dinas kebersihan, dinas kebakaran, dinas tata kota, dan dinas pekerjaan umum. Kemudian oleh karena perkembangan pemerintahan kota, fungsi dinas kebersihan dan dinas kebakaran dipisahkan, sehingga PU waktu itu hanya menangani ketata-kotaan dan ke-PU-an saja.

Lokasi

Lokasi kantor pertama kali adalah terletak di JI. Gajah Mada (sekarang Pasar Flamboyan). Kemudian pada tahun 1983, lokasi kantor pindah ke JI. Ayani (seberang GedungKartini). Selanjutnya, karena sem akin berkembangnya kota, semakin banyak pula penanganan fisik dan rencana yang harus dilakukan. Pada tahun 1987, fungsi penataan kota dipisah, yaitu menjadi Dinas Tata Kota dan Dinas PUD. Pada tahun 1999-2008, fungsi Dinas Kebakaran digabungkan kembali.

Waktu itu nama dinas ini adalah Dinas Prasarana Kota Pontianak. Oleh perubahan sistem SOPD, berdasarkan PERWA(Peraturan Walikota) Nomor 38 Tahun 2008, TentangSusunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, sebutan untuk dinas ini kembali menjadi Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak. Subdin Kebakaran dipisahkan dari Dinas PU Kota Pontianak menjadi dinas tersendiri melalui Perwa Nomor 20 Tahun 2010, Tentang Perubahan atas Perwa No. 38 Tahun 2008, Tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum Kota Ponti anak.

Penggabungan

Pada tahun 2016, sebagian fungsi Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak bergabung ke Dinas PU Kota Pontianak berdasarkan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 69 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak. Sebutan untuk dinas menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak (sampai sekarang).